Resep Masakan Semur Daging Betawi Maknyus

Resep Masakan Memiliki rasa yang sangat istimewa, resep rebusan daging sapi juga merupakan cara yang biasa dilakukan orang Betawi dalam memasak daging sapi yang baik. Buat stews kadang kocok kentang, karena sangat cocok saat dimakan dalam saus coklat gelap dari campuran kecap dan berbagai bumbu.

Menurut wikipedia, Semur sendiri berasal dari Belanda “Smoor” yang bagaimana cara merebus daging dalam waktu lama sehingga empuk. Indonesia disebut sebagai negara yang kaya rempah-rempah, maka tak heran jika sajiannya telah menjadi hidangan khas nusantara yang memiliki banyak variasi bumbu. Resep Masakan

Tak hanya menjadi primadona dalam budaya Betawi yang telah membuat semur sebagai bagian dari tradisi. Semur juga sering tampil saat Lebaran dan acara perayaan di berbagai pelosok nusantara seperti Kalimantan dan Sumatera, yang tentunya dengan rasa dan penampilan yang disesuaikan dengan selera masyarakat setempat.

Tip sederhana untuk memasak rebusan daging sapi setiap hari di rumah menjadi lebih mudah dan cepat, tidak terlalu tebal pada potongan daging sapi, semakin tipis semakin lembut, jadi kita juga tidak perlu mendidih terlebih dahulu, yang biasanya membuat rasa dari Daging menjadi kurang gurih dan segar.

Bahan bumbu

500 gram daging sapi, pilih daging sapi tanpa atau sedikit lemak
2 tangkai serai
3 lembar daun jeruk
2 daun salam
3 cm kayu manis
3 siung
5 sdm kecap keto bango
1 sdt garam
½ sendok teh rasa (opsional)
1200 ml air
Minyak untuk mengaduk bumbu goreng
Bumbu halus :
1 sdt ketumbar, panggang (goreng menggunakan wajan tanpa minyak)
1/4 sendok teh jinten, panggang
½ sdm pala, panggang
4 butir kemiri, panggang
7 butir bawang merah
4 siung bawang putih
3 cm jahe
½ sendok teh merica / lada

Cara Membuat Semur Daging Sapi

Bilas daging sapi dan potong menjadi potongan tapi jangan terlalu tebal untuk ditenderkan.
Panaskan minyak secukupnya, tumis bumbu halus, dengan serai, cengkeh, daun kapur, daun salam dan kayu manis, lalu aduk sampai harum.
Tambahkan potongan daging, aduk rata dan tunggu hingga warnanya berubah. Setelah itu tuangkan air, aduk rata lalu tutup panci dan teruskan masak sampai mendidih, aduk sesekali. Tambahkan garam dan bumbu, aduk rata lalu tutup panci lagi.
Setelah saus mulai berkurang, tuangkan kecap manis dan aduk rata dan tutup wajan lagi. Masak sampai daging sapi empuk dan sausnya cukup kental, rebus daging sapi siap disajikan.